5 x 2 = 10

Posted: November 21, 2012 in Uncategorized

Tulisan ini ditulis persis beberapa saat setelah gue berhasil (untuk ketiga kalinya) tamat baca Buku 5 CM. Jadi ya harap maklum aja kalo tulisan ini agak nyerempet kesitu, ya secara ya tulisan ini aja lahir berkat buku itu gitu lho. Tulisan ini juga bentuknya bakal beda sama tulisan gue yang biasanya. Sekarang gue cuma beneran pengen ngobrol aja, gausah terikat sama bahasa – bahasa yang terlalu nge-plot runtut banget kayak cerita-cerita yang selama ini gue bikin, meskipun baru dua yang berhasil gue tamatin sih, satu di publish di blog terus satunya cuma berakhir di buku tulis aja. Manual. Pokonya pengennya tulisan ini bentuknya freestyle. Buat kalian yang mau protes? boleh aja tapi ya protesnya abis baca tulisan ini aja, jangan baru setengah jalan baca tulisan ini kalian udah protes engga jelas ya? kan namanya juga nulis freestyle… nulis suka-suka gitu. Hehe…

Sekarang tepat jam 00:05 malam. Kira-kira 10 menitan yang lalu gue baru aja selesai baca buku (sekali lagi untuk ketiga kalinya) judulnya 5 CM. Kalian juga udah baca kan? gue yakin sih sebagian udah ada yang baca, kalo belum nanti tanggal 5 desember (kalau enggak salah) filmnya main di bioskop. Jadi, buat yang enggak suka baca, tonton aja filmnya dijamin enggak rugi bayar 20 ribu ke bioskop!

Kalian bingung kenapa gue kok tiba – tiba pengen bahas 5 CM? Gue juga sebenernya engga tahu kenapa sih, pokonya begitu selesai baca buku itu tiba-tiba keinginan untuk nulis kuat banget kayak ada yang nyuruh dan harus dikerjakan sekarang juga. Nah akhirnya, berpegang kepada apa yang dibilang sama William Forester (yang gue kutip dari buku 5 CM) “Kalau kamu mau menulis ya tulis aja, jangan pernah mikir. Langsung menulis aja jangan pake mikir” jadilah gue menuliskan hal ini. Biarlah sedikit absurd, toh memang ini tulisan freestyle! (lagi)

Oke, menurut gue buku yang bagus itu adalah buku yang bisa membuat pembacanya mabuk. Kenapa kok mabuk? Iya mabuk, kita dibuat mabuk sama tokoh – tokohnya… sama ceritanya… sama settingnya… sama konfliknya… sampai-sampai kita enggak rela buat ngelepas buku itu dari tangan kita saking mabuknya. Boleh percaya boleh engga, tergantung selera juga sih… Tapi menurut gue, 5 CM itu masuk ke jajaran buku bagus tersebut! Kenapa? Soalnya gue merasakan apa yang gue sebut diatas barusan. Gue terpana banget sama buku itu. As a Whole. Completely. Keseluruhan aspeknya bikin gue melongo sekaligus takjub, ketawa sekaligus nangis, cekikikan sekaligus terharu. Kaya banget kan emosi gue? Iya! Kaya banget! Itu Cuma gara-gara satu buku yang judulnya 5 CM aja loh!. Buat tambahan aja sih, gue emang suka agak sedikit too expressive menunjukkan kekaguman gue sama satu karya tulis yang gue anggap bagus, mungkin sebagian orang nganggep ini tulisan lebay? Engga apa – apa kan ini emang tulisan freestyle! (tuh kan gitu lagi).

Gue kasih sinopsis singkat versi gue ya, jadi 5 CM itu ceritanya tentang 5 Sahabat yang beda-beda karakter tapi semuanya saling menyayangi dan menghargai, saling mengisi dan menimpali, saling ngolok satu sama lain (ngoloknya penuh cinta tentu saja), saling menerima apa adanya, pokonya kalau disingkat jadi satu kata itu KLOP. Mereka menyebut diri mereka sebagai Power Rangers. Alasannya sederhana aja, itu karena member power ranger juga biasanya cuma lima. Perlu dikenalin siapa aja? Boleh deh buat yang belum baca : Arial si Bugar yang taat aturan, Genta “The Leader”, Riani si Cerdas yang kadang kocak padahal lagi serius, Zafran si Penyair yang punya side-job jadi vokalis band, dan Ian si Ngocol yang sekaligus juga selalu jadi bahan becandaan member Power Ranger yang lain. Mereka kemana-mana bareng, nongkrong bareng, curhat bareng, seneng bareng, susah bareng…. Indah ya? Iya. Menurut gue itu indah. Tapi, suatu hari mereka ngerasa stuck dihubungan mereka. Jenuh sama rutinitas ngumpul yang gitu – gitu aja engga ada perkembangan. Nah, jadi Genta, si Leader, ngusulin sesuatu yang unik : Jangan Ketemuan dulu 3 Bulan. No SMS dan telepon. Semuanya setuju, dengan sebuah janji : Tiga bulan lagi kita ketemu, kita akan melakukan hal yang belum pernah kita lakukan sama-sama sebelumnya. Tahu mereka ngelakuin apa? Pendakian ke Puncak Mahameru! Nah disini banyak juga kejadian seru, tapi udah ah sinopsisnya segini aja. Buat bagian yang seru sih kalian baca sendiri aja! Atau nanti aja tunggu filmnya di bioskop! Hahaha… (namanya juga sinopsis singkat).

Pesan yang pengen disampein Bang Donny (penulis 5 CM) ke pembacanya menurut gue sih jelas banget: Jangan menyerah sama mimpi kalian. Kejar terus. Yakin kalau kalian bisa, dan dibarengi sama usaha yang bener- bener udah mencapai batasnya, niscaya enggak ada yang mustahil. Ini juga sudah dibuktikan oleh Genta dkk ketika perjalanan mereka mendaki puncak Gunung Mahameru. Kalau mereka bisa, kenapa gue engga? kenapa kalian engga?

Ngomong- ngomong soal 5 CM yang tema besarnya adalah persahabatan 5 anak manusia yang lagi sama – sama menggapai mimpi, gue juga engga mau kalah!  Hahaha… Iya, gue engga mau kalah… Karena sekarang, saat ini, detik ini, gue juga lagi berjuang menggapai mimpi bareng sahabat-sahabat gue.

Kami bersepuluh. 6 laki-laki dan 4 perempuan. Memakai jas almamater yang sama: Univeritas Jenderal Soedirman. Tentu saja kami berlainan, tapi kami menuju ke satu jalan: Jalan Kesuksesan. Iya sih jalannya pasti nanti beda – beda. Ada yang lurus tapi banyak kerikilnya, ada yang bergelombang,  ada yang belok kanan-kiri dulu, pokoknya engga ada yang 100% mulus… Tapi, kami punya satu keyakinan yang sama, punya garis finish yang sama, keinginan yang sama… Keinginan yang kami yakin bukan kami saja yang memilikinya…. Kalian juga.

Boleh percaya boleh enggak, sahabat-sahabat gue ini (tadinya) juga menamakan diri mereka Rangers. Alasannya juga sama kok, itu karena mereka berlima, terus juga suka membela kebenaran dan menumpas kejahatan (oke engga segitunya), bahkan dulu gue juga sempet menyandang predikat sebagai monster sebelum diakui. (yang ini serius!). Tapi, karena seiring bertambahnya personel dan berjalannya waktu, kami merubahnya supaya lebih sesuai dengan zaman: Anak-anak Terpilih. Keren ya? hehehe…  Pasti mikirnya nama itu penuh dengan filosofi-filosofi luar biasa deh? Enggak kok! Sejarahnya enggak sehebat itu… Nama Anak-Anak Terpilih simply dipilih karena profile picture group facebook kami itu Digimon, dan akhirnya tercetuslah nama itu. Kalau masih penasaran sama makna yang tersembunyi dari “Anak-Anak Terpilih” kalian bisa tanyakan sama sahabat-sahabat gue ini, karena gue yakin kami punya definisi masing-masing tentang itu.

Kami emang enggak sesempurna katakter yang digambarkan Bang Donny di bukunya, tapi kami selalu mencoba memberi warna di dalam dunia yang kami ciptakan sama-sama. Kami juga enggak seperti kalian yang mungkin selalu menghabiskan waktu bersama, tapi kami akan selalu mengingat setiap momen yang kami lalui saat itu. Kami percaya kalau apa yang kami lalui saat ini, adalah hal yang akan sangat kami rindukan di masa yang akan datang. Gue yakin bukan kami aja yang merasakan ini, kalian juga kan?

Sama seperti Genta, Riani, Zafran, Ian, dan Arial…. Kami, saat ini juga sedang mendaki Gunung Mahameru kami sendiri. Kami sedang berjuang mencapai puncak. Puncak menjadi seorang sarjana dan melepas status Mahasiswa. Tapi, tentu saja perjuangan kami belum selesai sampai disitu. Masih ada puncak gunung-gunung lain yang kami tuju. Kalian juga kan? Hehe…

Jadi agak sedikit mellow ya? Enggak apa-apa… Kita memiliki emosi yang kaya jadi enggak masalah kalau mellow sedikit. Genta cs itu berlima. Lima itu Pancasila. Bhinekka Tunggal Ika. Kami bersepuluh. Sepuluh itu simbol kesempurnaan. Tapi kami tahu, di dunia ini engga ada yang sempurna, jadi kami mencoba membuat kesempurnaan kami sendiri. Yang penting saling mengisi dan mengasihi. Buat kami itu sudah “sepuluh”. Sempurna….

Buat sahabat-sahabat gue yang enggak gue tulis namanya disini… Kalian tahu kalian siapa… Bahkan tanpa nama kalian tahu… ini kita… gue… dan kalian….

 

                                                                        Purwokerto, 21 November, 2012  3:46 WIB

Comments
  1. oliph says:

    love it^^
    ada review, opini, sampe cerita pengalaman kamu (kita),,lengkap^^
    sempet ngakak sama sedih juga pas baca T,T campuran
    ayok ayoook lanjut teruuuus ngeblog-nyaaa >.<

Leave a Reply

